Jumat, 17 Desember 2010

AWAS TERKECOH OLEH DBD (Demam Berdarah Dengue)



Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Akibatnya, terjadilah gangguan pada pembuluh darah kapiler dan sistem pembekuan darah.
Biasanya ditandai dengan demam secara tiba-tiba, bintik merah di kulit, perdarahan (mulut, hidung, tinja), mual, lemas, dan persendian terasa ngilu.
Gejala diatas adalah 'profil' DBD yang selama ini kita kenal. Tapi, sejumlah kasus yang terjadi akhir-akhir ini menunjukkan, DBD tidak selalu muncul dengan gejala khasnya. Yang muncul justru gejala-gejala lain yang tidak biasa, bahkan mirip penyakit lain.
Sebut saja misalnya radang tenggorokan. Jangankan pasien dan keluarganya, dokter pun bisa terkecoh. Dan jika hal ini terjadi, tentu sangat berbahaya karena bisa berakibat pada keterlambatan pertolongan.
Selain nyeri tenggorokan, tak ada salahnya mewaspadai gejala non-spesifik lain yang menjurus pada kemungkinan penularan virus dengue, seperti batuk, pilek, sakit kepala hebat, kembung, hingga diare dan susah buang air besar.
Artinya, jika ada demam disertai dengan satu atau beberapa gejala di atas, segeralah periksa ke dokter.


Oleh : Dr.Syahrul Mulyana
Sumber :http://ms32.multiply.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar