Jumat, 17 Desember 2010

Fakta tentang Nyamuk


Nyamuk telah ada sejak 100 tahun yang lalu. 

Ada sekitar 3000 spesies nyamuk didunia ini. Mereka dapat ditemukan dimana-mana termasuk di daerah paling dingin di bumi, Benua Artik.


Nyamuk jantan berumur 10-20 hari sedangkan betina berumur 3-100 hari.  Berat tubuh nyamuk adalah 1/708,738,000 mg

Nyamuk lebih tertarik kepada warna-warna gelap dibandingkan yang lebih terang.  Untuk berburu, nyamuk lebih mengandalkan penciumannya dan sangat tertarik dengan karbon dioksida (CO2)

Untuk spesies tertentu, nyamuk dapat menyebabkan demam kuning, demam berdarah, malaria dan kaki gajah.  Satu ekor nyamuk malaria dapat menginfeksi 100 orang. 

Nyamuk adalah serangga yang paling banyak memakan korban jiwa dibanding serangga lain.

Sebagian besar spesies nyamuk hidup dari nektar bunga dan buah, hanya sedikit saja yang hidup dari darah manusia.  Beberapa nyamuk memiliki sifat kanibalistik.  Fakta yang sangat menarik, beberapa spesies nyamuk tertarik kepada kodok.
Daur hidup nyamuk terdiri dari telur, pupa, larva dan dewasa.  Kecuali tahap dewasa, hidup nyamuk berada didalam air.  Nyamuk meletakkan telur diair menggenang.  Telur nyamuk dapat bertahan lebih dari 5 tahun.  Sekali bertelur, nyamuk betina mengeluarkan sampai 200 telur banyaknya. Dari telur sampai dewasa, nyamuk membutuhkan 407 hari.  Nyamuk lebih menyukai tempat-tempat teduh.

Penglihatan nyamuk sangat payah.  Mereka "melihat" mangsa menggunakan infra merah yang mendeteksi suhu tubuh.

Seperti halnya burung, nyamuk disebut juga sebagai pollinator
Sumber: Wikipedia, buzzle.com
Sumber Gambar: blog.ecosmart.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar